Welcome to Poland!


Tanggal 1 Oktober 2016 ini aku resmi pindah ke benua biru eropa tepatnya ke negara Polandia untuk melanjutkan studi S2 ku insyaalloh Environmental Engineering. Polandia merupakan negara yang berbatasan dengan Jerman di sebelah Barat, Republik Ceko dan Slovakia disebelah Selatan, di Sebelah Timur merupakan Ukraina dan Rusia sedangkan sebelah Utara berbatasan langsung dengan laut baltic (baltic sea). Berikut ini letak persis Negara Polandia dalam peta.

Sumber : id.harunyahya.com

Aku merupakan alumni Diploma Remote Sensing and Geographic Information System UGM dan Bachelor Degree of Geography UMS. Banyak yang bertanya kok bisa sih dapat beasiswa? well.. aku mendapatkan beasiswa Ignacy Lucasiewicz dari pemerintah Polandia selama 3 tahun berupa belajar bahasa dan 2 tahun master disini. Beasiswa ini bersifat Full Scholarship dengan uang bulanan yang akan diberikan pemerintah Polandia. FYI, beasiswa ini bukan cuma untuk mahasiswa Indonesia saja lho tapi juga dari berbagai belahan dunia Mongolia, Etiophia, Angola, Vietnam, Kolumbia, Meksiko, dan lainnya.

Menurutku sebagai mahasiwa yang  pernah berkuliah di Indonesia dan sedang beradaptasi dengan perkuliahan disini "cukup" terkejut dengan pembelajaran disini. Di Indonesia kita tahu lah yaa sering jadwal di kelas ngaret bahkan sering disebut "Indonesian time" tapi disini semuanya harus sesuai dengan jam yang ada di jadwal. Bukan cuma kuliah bahkan untuk naik Trem (semacam public transportation kereta di jalan raya) tiketnya berdasarkan dengan waktu memasukan tiket kita mesin pencatat dan semisal kitanya ngaret atau kelebihan siap2 aja dipalak sama petugas yang nyamar jadi orang umum, gak tanggung2 kurang lebih kena 80 Zl. Nah mending kita tepat waktu kan kalo gitu?.

Mayoritas pemeluk agama disini adalah Katolik dan Yahudi jadi banyak sekali gereja di kanan kiri jalan, tapi sebagai muslim aku merasa orang Polandia itu baik banget, belum menemukan orang-orang yang rasis dengan ideologi tingi sih tapi sejauh yang aku rasakan orang disini ramah and you can say checz or dzien dobry pada tiap orang polandia yang lewat. Pernah sesekali kami mahasiswa kesasar waktu mau melihat Light Move Festival Łódź di Pietrowska tapi kita ditolong untuk naik trem yang bener sampai jalan universitas kita. 

Berbagai pengalaman menarik aku rasakan disini bersama teman-teman mahasiswa Indonesia (6 orang) disini. Kami tinggal dan berkuliah bahasa di Łódź (Red: Woods) nanti akan aku share via blog maupun IG jadi bagi yang penasaran boleh kok kepo-kepo.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DenoSa ~ Dewi Novita Sari

You Can Call Me Anything You Want