La Vuelta Al Mundo [Review]

Baiklah postku kali ini gak membahas hal-hal berat seperti sebelum-sebelumnya hehe.. Beberapa waktu lalu temenku dari Meksiko namanya Carlos mengirimkanku sebuah lagu kesukaannya, yang well awalnya aku mikir
apaan sih nih bocah, nyepam mulu di WA gua.
Berpikir begitu karena memang saat itu sedang benar-benar merasa tertekan dengan sistem pendidikan disini. Rasanya pengen lari dari kenyataan. Pulang ke rumah. Pergi dari suck situation disini. Gak mau ketemu sama Pani Maja yang udah jadi momok bagi group kelas kami. And ngopi sambil baca koran di pagi hari. Santai. Semuanya well done. Hidup bahagia sama kucingku yang udah punya anak 4.
Okay tapi realita tetap realita yang harus dihadapi. Ditengah kegalauanku yang kadang tak terbendung, temanku satu ini sering to the point ngasih "puk-puk" pundak dan selalu bilang semuanya akan tetap baik-baik saja.
Sometimes you must play hard to have a good happiness in your life. 
Dan pada suatu malam yang dingin, Carlos mengirimiku sebuah video clip lagu kesukaannya. Tentu saja dalam bahasa spanyol. -_- judulnya La Vuelta Al Mundo
Oh come on Carl, I dont understand spanis language.
Dari video clipnya, menceritakan tentang kisah cinta ala-ala telenovela, dimana ada cewek dan cowok di sebuah kantor. Si cewek benar-benar tertekan dengan pekerjaannya dan menginginkan liburan, sedangkan si cowok senang berkreasi dengan mini notes dengan membuat gambar-gambar yang menurutku gak terpikirkan manusia lain. haha
Pada hari itu si cewek di marah-marahin bosnya sampai stress, dan bisa ditebak si cowok jadi superhero ngalahin si boss, membuat kejutan bagi si cewek, dan mereka darle la vuelta al mundo dalam bahasa gaulnya going around the world.
Awal ngelihat sih aku biasa aja, dan masih gak paham
apa sih nih orang spam bikin memori hp penuh doang
So, Carlos bilang  
"You can found it on youtube with english language, try it!"
dengan rasa basa-basi untuk menghargai usahanya selalu menghiburku, aku mencoba search si penyanyi la vuelta al mundo ini, ternyata penyanyinya sangar abis dan emang terkenal banget seantero remaja Latin, namaya Calle 13.
Dan.. jeng jeng jeng.. aku menemukan video yang mungkin lebih dari 100 kali aku tonton sampai saat ini. Awal aku ngelihat video ini bener-bener kaya kita itu kecil banget di bumi ini, dengan intro suara mbak-mbak yang sangat dramatis.

"You're like me. A homo Sapiens. A wise human. Life- a miracle in the universe. Appeared around 4 billion years ago. Listen carefully to this extraordinary story. And decided what you want to do with it"

Video ini bener-bener menyadarkanku bahwa masalahku yang kayaknya segede gambreng ini masih kalah sama semua masalah di alam semesta dan bumi kita. Video ini bekerjasama dengan beberapa embassy di seluruh dunia, NASA, goverment, National Geographic, dan banyak pihak untuk program penyelamatan lingkungan. Karena dari sekian masalah hidup kita, harusnya kita masih bisa bersyukur dan berterima kasih karena bumi kita masih mau menyediakan oksigen untuk kita survive in life. Bumi masih mau menerima kita untuk ditempati. Dengan segala keunikannya seperti: Gunung es Antartika, tambak laut di Bangladesh, vulkan di Indonesia, energi terbarukan di Denmark, denudasional dan tumbuhan berbatang panjang di China, ladang gandum di Prancis, Kepulauan penghasil ikan di Mauritius, kearifan lokal di India, sistem satelit di Jepang, Kerajaan batu di Gurun Jordan, surga tropis di Madagaskar, dan masih banyak lagi potret dari berbagai belahan bumi ini.
Berikut aku kasih tau deh video yang selalu bikin aku merinding ngelihatnya.
Sumber : La maravillosa canción de Calle 13 - Vuelta al Mundo con video de la pelicula "Home" que se puede ver en completo aqui en youtube: http://www.youtube.com/watch?v=jqxENM...

Menurutku, dari video yang luar biasa tersebut bila digabungkan dengan lirik kesukaan Carlos tadi, menghasilkan perpaduan yang benar-benar diluar ekspektasiku. Cendol pokoknya gan!
Supaya gak penasaran aku kasih translate 3 bahasa, biar bisa ngerasain feel yang aku rasain juga.

Bahasa Spanish:
No me regalen mas libros por que no los leo
Lo que he aprendido
Es por que lo veo
Mientras más pasan los años
 

Me contradigo cuando pienso
El tiempo no me mueve
Yo me muevo con el tiempo
Soy, las ganas de vivir
 

Las ganas de cruzar
Las ganas de conocer
Lo que hay después del mar

Yo espero que mi boca
Nunca se calle
También espero que las turbinas de este avión nunca me fallen
 

No tengo todo calculado
Ni mi vida resuelta
Solo tengo una sonrisa
Y espero una de vuelta

Yo confió en el destino
Y en la marejada
 

Yo no creo en la iglesia
Pero creo en tu mirada
Tú eres el sol en mi cara
Cuando me levanta
Yo soy la vida que ya tengo
Tu eres la vida que me falta
Así que agarra tu maleta
 

El bulto, los motetes
El equipaje, tu valija
La mochila con todos tus juguetes

Y, dame la mano
Y vamos a darle la vuelta al mundo
 

Darle la vuelta al mundo
Darle la vuelta al mundo

Dame la mano
Y vamos a darle la vuelta al mundo
Darle la vuelta al mundo
Darle la vuelta al mundo


La renta, el sueldo
El trabajo en la oficina
Lo cambie por las estrellas
Y por huertos de harina
Me escape de la rutina
Para pilotear mi viaje
 

Por que el cubo en el que vivía
Se convirtió en paisaje
Yo!, era un objeto
Esperando a ser ceniza
Un día decidí
Hacerle caso a la brisa
 

A irme resbalando detrás de tu camisa
No me convenció nadie
Me convenció tu sonrisa

Y me fui tras de ti
Persiguiendo mi instinto
Si quieres cambio verdadero
Pues, camina distinto
Voy a escaparme hasta la constelación más cercana
 

La suerte es mi oxigeno
Tus ojos son mi ventana
Quiero correr por siete lagos
En un mismo día
Sentir encima de mis muslos
 

El clima de tus nalgas frías
Llegar al tope de la tierra
Abrazarme con las nubes
Sumergirme bajo el agua
Y ver como las burbujas suben

Y, dame la mano
Y vamos a darle la vuelta al mundo
 

Darle la vuelta al mundo
Darle la vuelta al mundo

Dame la mano
Y vamos a darle la vuelta al mundo
Darle la vuelta al mundo
Darle la vuelta al mundo


Bahasa Inggris:
Do not give me more books because I do not read them
What I have learned is because I see it
The more the years pass
I contradict myself when thinking
Time does not move me - I move with time

I am the desire to live, the desire to cross
The desire to know what lies beyond the sea
I hope that my mouth will never shut up
I also hope that the turbines
Of this plane will never fail me

I do not have it all figured out, nor my life resolved
I have only one smile and hope for one in return
I trust in destiny and in the surf
I do not believe in the church but I believe in your gaze

You are the sun on my face when it raises me
I am the life that I already have,
You are the life that I am missing
So grab your suitcase, the package, the bundles
The luggage, your bag, the backpack with all your toys, and...

Give me your hand and let's go around the world
Go around the world, go around the world
Give me your hand and let's go around the world.
Go around the world, go around the world

The annuity, wages, the work at the office
I traded it all for the stars and for orchards of flour
I escaped from the routine to pilot my journey
For the cube in which I lived it became scenery

I was an object just waiting to become ash
One day I decided to heed the breeze
To go sliding behind your shirt
No person convinced me, your smile convinced me

And I went after you, chasing my instinct
If you want real change, well then walk differently
I will escape to the nearest constellation
Luck is my oxygen, your eyes are my window

I want to run across seven lakes in a single day
Over my thighs feel the cold climate of your buttocks
Reach the top of the mountain, embrace the clouds
Dive under the water and watch as the bubbles rise and...

Give me your hand and let's go around the world
Go around the world, go around the world
Give me your hand and let's go around the world.
Go around the world, go around the world
Bahasa Indonesia:
Jangan memberi aku lebih banyak buku Karena aku tidak akan membacanya 
Apa yang aku pelajari itu karena aku melihatnya
Setiap tahun berlalu
Ketika pikiranku bertentangan
Waktu tidak bergerak - akulah yang bergerak dengan waktu

Keinginanku untuk hidup, keinginanku untuk menyeberang laut
Keinginan untuk tahu apa yang ada di luar
Aku berharap mulutku tidak akan pernah menutup
Juga aku berharap bahwa turbin
Pesawatku ini tidak akan pernah gagal

Aku tidak memiliki semuanya untuk ditampilkan, ataupun penyelesaian hidup

Aku hanya punya satu senyum dan berharap untuk kamu balas
Aku percaya takdir dalam gelombang
Aku tidak percaya pada gereja tapi aku percaya pandanganmu

Kamu adalah matahari di wajahku ketika terkena sinarmu
Aku adalah kehidupan yang memang sudah ku punya,dan kamu adalah kehidupanku yang hilang
Jadi ambil kopermu, paket, bundel, bagasi, tas, ransel dengan semua mainanmu, dan ...

Berikan aku tanganmu dan mari kita pergi ke seluruh dunia
Pergi ke seluruh dunia, pergi ke seluruh dunia
Berikan aku tanganmu dan mari kita pergi ke seluruh dunia.
Pergi ke seluruh dunia, pergi ke seluruh dunia

Antusias, upah, pekerjaan di kantor
Aku jual itu semua untuk bintang-bintang dan untuk kebun gandum
Aku melarikan diri dari rutinitas ini untuk menjadi pilot perjalananku sendiri
Tempat di mana aku tinggal itu akan menjadi pemandanganku

Aku adalah obyek yang hanya menunggu untuk menjadi abu
Suatu hari aku memutuskan untuk memperhatikan angin
Untuk sedikit geser di belakang bajumu
Tidak ada orang yang dapat meyakinkanku, senyummulah yang meyakinkanku

Dan aku pergi setelahmu, mengejar instingku
Jika kamu ingin perubahan, kemudian mengambil jalan yang berbeda
Aku akan mengarahkanmu ke konstelasi terdekat
Keberuntunganku adalah oksigen, dan matamu adalah jendelanya

Aku ingin berjalan di tujuh danau dalam satu hari
Atas pahaku merasakan iklim dingin darimu Mencapai puncak gunung, merangkul awan
Menyelam di bawah air dan melihat sebagai gelembung naik dan ...

Berikan aku tanganmu dan mari kita pergi ke seluruh dunia
Pergi ke seluruh dunia, pergi ke seluruh dunia
Berikan aku tanganmu dan mari kita pergi ke seluruh dunia.
Pergi ke seluruh dunia, pergi ke seluruh dunia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DenoSa ~ Dewi Novita Sari

You Can Call Me Anything You Want

Welcome to Poland!