Ayo Menjelajah Waktu Bumi



Bagaimana kalau kita punya kapsul waktu?

Mari bersamaku membayangkan kita menjelajah waktu, bukan setahun dua tahun kebelakang
tapi dari benar-benar tidak ada kehidupan di muka bumi ini

Masa pembentukan bumi yang dapat dihitung berdasarkan periode zaman sudah mencapai lebih dari 542 miliar tahun yang lalu. Kita sekarang hidup di jaman yang dinamakan ERA, baik itu era modernisasi, millenium, revolusi, industri dan sebagainya. Disini kita menemukan perubahan rumah kita bumi yang semakin padat dengan ideologi-ideologi dan perubahan kemajauan spesies kita (red:manusia). Kita lihat ada perang dunia pertama dan kedua yang menghasilkan tokoh-tokoh sejarah seperti Hitler, Mussolini, Diponegoro hingga era davinci. Apabila dihitung kita baru melampaui kurang dari 22 abad. Hmm terlalu sempit dan sedikit, mari kita lampaui 23 miliar tahun yang lalu.

Disana terdapat zaman Kenozoik antara 23-60 miliar tahun yang lalu, saat itu bila kuprediksi pada era neogen nabi adam dan hawa baru saja diturunkan ke bumi, nabi adam diturunkan sekitar perbatasan India-Afrika sedangkan Ibu Hawa di sekitar Arab. Saat itu Pangea dan Gondwana sudah berpisah membentuk benua-benua yang kita ketahui sekarang. FYI, aku merupakan salah satu orang yang tidak percaya teori darwin so, aku mengandaikannya dengan nabi adam sebagai manusia pertama di bumi. Dimasa itu terjadi 5 kali perubahan jaman es yang awalnya sangat dingin menjadi lebih hangat sehingga cucok untuk tempat tinggal dan perkembangbiakan manusia. Di masa 60 miliar tahun tersebut dinamakan palaeogen yang banyak membuat bumi kita bergejolak memiliki goa-goa indah dan tempat-tempat eksotis yang aman dikunjungi karena munculnya banyak variasi tanaman dan hewan. hewan purba bila dibandingkan dengan sekarang tentu lebih besar tetapi merupakan yang terkecil dari seluruh masa geomorfologi.

Menuju Zaman Mezozoik yang terbagi menjadi 3 bagian (Kapur, Jura, dan Trias). Era jaman kapur ini tentu saja bisa kita bayangkan bumi bergejolak dari awalnya dasar laut yang memiliki permukaan kompleks terangkat ke permukaan seperti yang bisa kita lihat di daerah-daerah karst. Saking dasyatnya masa ini, kebanyakan dinosaurus utamanya yang hidup di perairan punah. Menyusutnya air laut juga menyebabkan India terlepas dari Afrika menuju Asia. Era jaman Jura *langsung mengarah ke jurasick park :P memang benar ini adalah masa kejayaan para Tyrex dan reptil yang aneh-aneh kaya di film tersebut. Disini kejadian luar biasa terjadi dengan benua Amerika Utara (USA dan Canada) yang awalnya menyatu dengan Afrika say goodbye dan menuju utara, sedangkan Amerika Selatan juga berpisah dari Australia dan Antartika. Jadi kalau diamat-amati kenapa ciri fisik orang Amerika Utara dan Selatan 'agak berbeda' kemungkinan karena memang mereka memiliki sejarah yang berbeda. Era jaman trias berada di antara 199-251 miliar tahun yang lalu, pada jaman ini muncul dinosaurus yang tadi diceritakan dan perkembangbiakan pertama reptil-reptil laut. Di masa ini juga muncul mamalia pertama. Gurun-gurun yang kita ketahui sekarang juga dimulai pada masa ini karena Benua Pangea berjalan menuju Utara menciptakan iklim tropis. Bayangkan saja pada masa ini bumi kita sangat panas dan berangin.

Zaman Palaezoik dibagi menjadi 6 bagian (Perm,Karbon,Devon, Sylur, Ordowik, dan Kambr) masing-masing era ini terjadi dari 251-542 miliar tahun lalu. Masa Perm merupakan zaman es dengan iklim kering dan tropis di bagian utara bumi. Karena iklim yang kering jumlah reptil meningkat, saling memakan hingga membuat ikan-ikan punah. Masa Karbon seperti yang kita duga tentu bumi ini diselimuti oleh zat Carbon yang menghasilkan jutaan batubara yang kita kenal sekarang, udara di bumi tidak memungkinkan bagi binatang dan tumbuhan (apalagi yang ukurannya kecil) otomatis mereka punah karena tidak ada udara bersih selama miliaran tahun. Binatang raksasa disini masih bertahan, selain itu terbentuk rawa-rawa penuh belerang dan carbon. Samudera menyempit utamanya di daerah Eropa dan Amerika. Masa Ordonik dan Kambr masih belum dapat banyak didefinisikan oleh para ilmuan karena disinilah banyak terjadi perdebatan mengenai teori big-bang, nebula, planetisima, tidal, dan bintang kembar. Tapi, As we know teori yang lebih dipercayai adalah bigbang meskipun demikian kalau pun aku prediksi lagi, apabila teori ini dipercayai akan terjadi hal serupa yang sama pada kurun periode beberapa miliar tahun lagi. karena The present is the key to the future. waallohualam

Setelah Masa Kambr belum ada informasi lagi mengenai perkembangan kehidupan di bumi, mungkin kalau di luar bumi ada berupa teori pembentukannya, pembentukan matahari dan galaksi. Zaman dan era yang kujelaskan ini berdasarkan proses pembentukan geologi bumi, karena dari batuan kita dapat tahu umur bumi dan sejarahnya.

 Jadi, kalau kalian sudah tahu masa pemebentukan bumi kalian pengen hidup dimasa yang mana? Tuhan sudah menciptakan sebaik-baik jaman untuk kita. Mari dijaga dan dirawat agar anak cucu kita juga bahagia tinggal di bumi kita.




salamku,
Dewi Novita Sari


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DenoSa ~ Dewi Novita Sari

You Can Call Me Anything You Want

Welcome to Poland!